Jumat, 25 Januari 2013

TRADISI GOTONG ROYONG


Gotong royong merupakan tradisi yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Terutama bagi masyarakat pedesaan, gotong royong  menjadi sebuah kegiatan yang sudah melekat dalam setip sendi kehidupan. Pada praktiknya gotong royong mampu menjadi bukti kekuatan swadaya masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.


Gotong royong juga mampu menjadi solusi bagi beragam persoalan yang dihadapi masyarakat. Salah satu Contoh riil adalah warga Dusun VI, Tanjung Kesuma, Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur (Jum'at, 25 Januari 2013) sejak pagi beramai-ramai melakukan perbaikan jalan dan pembersihan bendungan.
Pada saat musim hujan seperti saat ini, jalanan di sekitar bendungan dusun VI Tanjung Kesuma mengalami kerusakan. Di sebagian  tempat badan jalan sudah amblas beberapa puluh centimeter. Jika dibiarkan tentu sangat membahayakan bagi warga dusun dan pengguna jalan lain. Apalagi jalan ini menjadi pintasan dari Jalan Lintas Timur Sumatera dengan Jalan Bungur Raya.
Selain itu juga, bendungan yang merupakan sumber pengairan utama bagi sawah warga Dusun VI Tanjung Kesuma juga kondisinya dipadati rumput, sehingga dikhawatrikan akan mengurangi debit air dan menimbulkan pendangkalan bendungan.
Atas prakarsa dari sejumlah warga dan pamong Desa Tanjung Kesuma maka gotong royong dialaksanakan untuk menanggulangi persoalan diatas.
Semoga semangat gotong royong masih tetap terjaga hingga generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar