Rabu, 17 Juni 2015

Menikmati Senja di Danau Kali Kawat

Setelah seharian penuh beraktifitas mungkin Anda membutuhkan tempat untuk bersantai. Tempat terbuka dengan pemandangan alam yang menarik bisa menjadi pilihan. Seperti lokasi yang satu ini. Danau Kali Kawat.  Terletak di Desa Terbanggi Marga Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur, lokasi ini merupakan danau buatan yang memiliki panorama alam yang indah. Terlebih bila Anda berkunjung pada saat sore hari menjelang matahari terbenam. 

Sore ini saya berkesempatan berkunjung ke Danau Kali Kawat, bertemu dengan Sofyan Subing. Warga Terbanggi Marga yang saat ini mengelola Cafe Mitra Wisata di danau tesebut. Sebuah tempat makan terapung yang menyajikan jajanan Bakso, Mie Ayam dan beberapa menu lain. Tepat Anda kunjungi untuk merasakan makan bakso atau mie ayam di atas danau. Dipastikan Anda akan menemukan suasana sungguh berbeda dari tempat lainnya. Menarik bukan....?? Terbukti sore itu juga tampak beberapa pengunjung tengah asik menikmati santapan bakso sembari bercengkerama dengan asyiknya. 
 
Menurut penuturan Sofyan, Cafe Mitra Wisata dibuka pada awal tahun 2015. Hingga saat ini sudah banyak warga baik yang berasal dari sekitar Kota Sukadana, maupun dari luar kota yang menjadi pelanggan di cafe ini. Mereka rata-rata mengakui mendapat suasana berbeda ketika berkunjung ke lokasi ini.
Selain jajanan, ditempat ini juga disediakan fasilitas sepeda air, perahu kano. Jadi Anda bisa mengajak keluarga terutama anak-anak untuk bermain diatas air menggunakan fasilitas tersebut. Bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat tidak perlu khawatir, di lokasi ini juga tersedia lahan parkir yang terletak tepat di sisi luar tanggul bendungan. Jadi Anda parkir mobil saja sudah bisa langsung menyaksikan danau Kali Kawat yang terbentang luas.
Kawasan Kali Kawat dengan Beragam Potensi
Bagi Anda yang hobi memancing, disinilah lokasi yang tepat. Bagi yang akan memancing di danau, panjang sisi danau ini saja beberapa kilometer. Bagi yang ingin memancing di kolam, Sofyan juga menyediakan lokasi pemancingan tepat dibawah lokasi bendungan. Area ini sudah ditata oleh Sofyan untuk pengembangan perikanan, pertanian dan peternakan. Ketika ditanya rencana pengembangan lokasi ini, Sofyan menuturkan karena potensi Lampung Timur pada bidang pertanian, perikanan dan peternakan masih terbuka, maka ia berusaha agar di lokasi ini kedepan bisa dikembangkan menjadi obyek wisata alam dan edukasi.
Di lokasi miliknya ini, Sofyan sudah membudidayakan beberapa jenis ikan, beternak unggas (ayam dan entok), kelinci dan ternak Kambing. Ia juga sedang mengembangkan juga pola budidaya kambing dengan memanfaatkan pakan yang ada disekitarnya. Bahkan Sofyan juga sedang menguji budidaya puluhan ekor kambing secara intensif bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan dari kebun tanaman singkong miliknya saja.
Demikian cerita singkat perjalanan saya sore ini, semoga bermafaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar