Senin, 17 November 2014

Akukturasi Bahasa Daerah Mampu Membuat Warga Bilingual

Definisi akulturasi menurut KBBI
1. percampuran dua kebudayaan atau lebih yg saling bertemu dan saling mempengaruhi: candi-candi yg ada sekarang merupakan bukti adanya -- antara kebudayaan Indonesia dan kebudayaan India;

2. Antr proses masuknya pengaruh kebudayaan asing dl suatu masyarakat, sebagian menyerap secara selektif sedikit atau banyak unsur kebudayaan asing itu, dan sebagian berusaha menolak pengaruh itu;

3 .Ling ..proses atau hasil pertemuan kebudayaan atau bahasa di antara anggota dua masyarakat bahasa, ditandai oleh peminjaman atau bilingualisme.
 
Definisi Akulturasi butir ketiga menarik untuk dipelajari.
Tadi malam, Penulis bersama Aris Purwanto dan Dadang Suryana, berbincang santai  mengenai penggunaan  bahasa sehari hari di beberapa dusun di Desa Tanjung Kesuma.
Menurut Dadang Suryana, di Dusun IV Tanjung Kesuma Purbolinggo ada realitas kemajemukan berbahasa. Warga yang merupakan pendatang dari Jawa Tengah menggunakan bahasa jawa. Sedangkan pendatang dari Jawa Barat menggunakan bahasa  Sunda.
Dalam keseharian ketika terjadi dialog dua orang yang berbeda daerah asal, mereka bisa tetap berkomunikasi dengan menggunakan bahasa masing.

Obrolan ini berlangsung lancar dan keduanya tidak  merasa bermasalah sama sekali. Mereka saling mengerti arti dan maksud bahasa yang di gunakan oleh lawan bicaranya.

Sepintas terkesan adanya kesombongan berbahasa dengan tetap bertahan pada bahasa daerah asal masing masing.

Tapi sebenarnya  mereka berdialog dengan mengedepankan toleransi. Mereka saling menguasai bahasa tetangganya yang beda daerah asalnya tanpa memaksakan orang lain mesti bisa menggunakan bahasanya.  Mereka juga saling menghargai jika lisan mereka berbeda namun mereka sama sama memahami maksudnya.

Mereka telah membuktikan bisa menjaga keberagaman berbahasa tanpa harus meninggalkan ciri khas masing-masing. Bukan soal tidak bisa melafadzkan bahasa, atau tidak mau menggunakan bahasa persatuan. Tetapi lebih pada terjadinya akulturasi bahasa daerah yang berlangsung secara alamiah, menjunjung toleransi dan menghargai kemajemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar