Kamis, 02 Juli 2015

Fakta Manusia & Sampah

Sampah dan manusia sangat dekat jaraknya dan hampir tak berjarak. Sampah ada karena manusia. Manusia pula yang menciptakannya. Manusia yang menamainya sampah. Manusia yang menggunakannya sebelum ia menjadi sampah. Manusia yang membuangnya.  Hingga manusia pula yang hendak menghindarinya. Mampukah???
A. Sampah yang Anda hasilkan adalah Milik Anda.
Tidak ada yang lebih berhak memiliki  plastik bekas kemasan barang yang sudah  Anda gunakan  (yang kerap dianggap sudah menjadi Sampah) selain Diri Anda. Bisa juga disebut Andalah Tuan dari sampah itu. Tuan yang baik akan memperlakukan plastik bekas dengan bijaksana. Kalaupun dibuang- maka akan dibuang pada tempat yang seharusnya.
Jika Ada pihak yang menawarkan konsep menerima sumbangan/donasi sampah dan kemudian hasil pengelolaannya digunakan untuk kepentingan sosial kemanusiaan, maka Si Tuan Sampah pun sudah bisa berbuat lebih bijaksana. Tidak terbatas pada membebaskan tanah dari ancaman sampah plastik, namun juga sudah bisa membantu sesama dengan bermodalkan sampah saja.
Jika ada pihak yang menyelenggarakan program tabungan sampah, maka ini akan menjadi manfaat juga. Setidaknya Anda sudah membantu mengangkat derajat plastik bekas (yang sebelumnya disebut sampah) menjadi benda yang bernilai tabungan (yang dimasa depan bisa disebut juga dengan uang).
B. Anda Adalah Faktor Penentu Usia Pakai Plastik Kemasan?
60 Detik : ketika anda membeli es cream di mini market dan ketika membayar anda diberi kantong plastik untuk membawa es krim hingga di luar pintu mini market. Ketika Anda menyantap es krim, kantong plastik yang baru saja diberi oleh kasir sudah akan menjadi sampah.
Sebetulnya, Sebelum kantong plastik tersebut anda buang, maka  kantong plastik plastik  tersebut menjadi milik Anda. Anda bisa menjadikannya sampah (ketika anda memasukannya le kotak sampah), atau akan tetap menjadi kantong plastik  jika Anda berencana memakainya dikemudian hari. Artinya Andalah yang berkuasa menjadikan kantong plastik tersebut hendak dijadikan sampah atau tetap menjadi kantong plastik.
Kemasan plastik belum akan berubah status menjadi sampah ketika Anda berfikir untuk membantu memanjangkan usia pakainya.
Sebagai  ilustrasi, setelah Anda menyantap es krim, Anda lalu menyimpan kantong plastik bekas pakai (selama 60 detik) tadi kemudian menyimpan didalam tas Anda, dengan  tujuan akan anda gunakan kembali untuk membungkus benda lain selain es krim.
Dengan melakukan tindakan itu Anda sudah memanjangkan usia pakai plastik dari 60 detik menjadi 60 menit, 60 Jam, 60 hari, 60 minggu, 60 bulan bahkan 60 tahun. Semua tergantung Anda. (Bersambung)
Serial Edukasi Peduli Sampah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar