Rabu, 13 Januari 2016

Cara Mempercantik Kemasan Produk dengan Stiker

Salah satu faktor penarik minat konsumen untuk membeli sebuah produk adalah karena kemasannya. Selain kualitas isi, kemasan sebuah produk juga menjadi pertimbangan penting bagi konsumen untuk mengambil keputusan embeli sebuah produk.
Karena alasan inilah para pembuat produk berusaha membuat kemasan produk secara serius. Bagi perusahaan besar, pembuatan kemasan sudah menjadi keharusan menyajikan produk dengan kemasan yang menarik. 
Selain karena kemampuan finansial perusahaan untuk membuat kemasan berikut labelnya secara permanen,  perusahaan berusaha agar produknya tampil menonjol dibanding produk sejenis. Upaya ini membutuhkan biaya yang besar.
Lalu bagaimana dengan usaha mikro dan atau home industri yang memproduksi produk makanan atau minuman dalam skala terbatas?
Biaya pembuatan kemasan dalam.jumlah banyak tentu akan memberatkan pelaku usaha mikro.
Tapi Anda tak perlu khawatir. Dengan hadirnya teknologi cetak digital (digital printing), kebutuhan untuk label merek produk Anda bisa dikerjakan dalam jumlah terbatas.
Artinya label kemasan bisa diproduksi sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Ketika jumlah produk yang hendak dibuat baru berjumlah ratusan, maka label kemasan bisa dibuat sejumlah kebutuhan saat itu.
Namun cara ini ada risiko yaitu tingginya harga satuan dari label kemasan.
Sebagai ilustrasi stiker label kemasan ukuran 4x4 cm jika di cetak dalam jumlah 10.000 lembar dengan harga satuan 85 rupiah, maka ketika dicetak hanya 300 Lembar, harganya bisa mencapai 250 rupiah per lembar.
Mari kita hitung berapa anggaran yang harus dikeluarkan pemilik usaha pada masing masing keadaan.
Untuk label sebanyak 10.000,- lembar dibutuhkan biaya sebanyak
10.000 lembar  x Rp. 100,- = Rp. 1.000.000,- tiap kali cetak.
Sementara untuk memproduksi label sebanyak 300 lembar dibutuhkan biaya sebesar:
300 lembar x Rp. 250,- = Rp 75.000,- tiap kali cetak.
Bagi Anda pemilik usaha mikro atau home industri, kedua ilustrasi diatas bisa menjadi pilihan.
Untuk membuat identitas pada kemasan produk Anda diberi pilihan jumlah dan biaya cetak. Semua tergantung pada kemampuan usaha Anda.
Hubungi penyedia jasa layanan pilihan Anda. Konsultasikan kebutuhan label atau kemasan Anda. Pilihan bijak Anda akan menentukan kemajuan usaha Anda di masa depan.
Selamat Beraktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar