Kamis, 14 Januari 2016

Menggunakan Modem Smartfen Andromax M2Y 4 G LTE (Cerita Orang Desa)

Sejak tahun 2010 saya begonta ganti jenis Modem  baik  CDMA maupun GSM. Demikian juga kartu yang saya pakai sudah bermacam-macam. Maklumlah tinggal di perdesaan, yang kerap terbelakang dalam fasilitas  dan pelayanan telekomunikasi. he he he. Namun demikian saya berusaha agar tidak tertinggal dalam hal perkembangan teknologi. Dari semua jeni modem dan kartu operator yang pernah saya pakai, memang saya akui memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua memberikan kecepatan yang standar. Mungkin karena tempat tinggal saya yang jauh dari pusat keramaian (yang biasanya di dirikan tower operator telekomunikasi. Yang pasti selama kurun waktu tesebut saya tidak pernah bisa mengakses youtube. Jangankan menjalankan videonya, untuk membuka website nya pun butuh waktu lumayan lama... he he he (bisa ditinggal rebus air sampe matang, terus buat kopi, sampe habis diminum... kadang belum bisa terbuka juga.....)

Namun itu semua cerita lalu (cie .. cie ..cie)

Beberapa bulan lalu saya pernah melihat Iklan Smart fren Andromax 4G LTE di televisi swasta.

Tercengang juga saat itu mendengar spesifkasinya. yang saya pikirkan adalah kapan saya bisa menikmati spesifikasi gadget dengan kecepatan seperti itu di lokasi kediaman saya. Hingga beberapa minggu lalu alah seorang sahabat saya datang membawa Smartphone Andromax 4G ke rumah saya. Saya pun penasaran, saya tanya berapa kekuatan signal bar nya. Sahabat saya memperlihatkan hanya 1 bar.... (ahhh hilang kesempatan lagi  untuk bisa merasakan kemajuan teknologi komunikasi pikur saya......). Namun sahabat saya menjelaskan bahwa selain Smartphone, ada juga Modem nya dengan spesifikasi yang sama (menggunakan jaringan 4G).. Tapi saya masih ragu juga. (nggak gampang percaya he he he).

Hingga pada 2 hari lalu puncaknya... Karena ada kebutuhan mendesak untuk mengakses dan mengirim data data penting, saya berniat ke Warnet langganan. Tapi tiba tiba saya ingat apa yang pernah disampaikan sahabat saya mengeai modem Andromax. Maka niat ke warnet sementara saya urungkan, saya pun menuju tempat yang menjual Modem ini.

Setelah saya selesaikan pembayarannya (kontan lho.. he he he) modem dikeluarkan dari kemasan lalu di coba. Dilokasi penjualan sempat di coba. Hasilnya lumayan. Pertama kali yang saya minta coba untuk buka youtube. Hasilnya Lancar... (karena tempatnya ada di Pusat Kecamatan). jarak rumah saya dengan lokasi sekitar 5 KM (ragu juga sih...)

Sambil jalan pulang sebenarnya sudah nekat. Kalaupun sama hasilnya dengan 5 modem yang sudah saya pensiunkan. ya sudah. Berarti memang belum jodoh (he he he ngomongin modem apa yang lain sih...)

Sampai dirumah, saya coba. dan apa yang terjadi. ternyata indikator signal berwarna merah. (sambil pegang kepala.....). Ternyata nih modem minta digendong sana gendong sini, panjat sana panjat sini  sampe berubah warna menjadi hijau (istilahnya apa ya ..pointing kali ya). Cukup lama juga  indikator signal berubah warna hijau. seneng juga nih dapat signal. Cuma masalahnya posisinya ketemu di lubang angin jendela (he he he), jaraknya sekitar 3 meter  kabel bawaannya kan cuma 1 meter. Sementara saya mau pake di PC yang nggak built in  Wifi. Hemmm...... Tapi saya inget pernah salah beli alat (sudah 3 tahun lalu he he ). Saya nggak begitu fahan namanya. Cuma setingat saya  Fungsinya untuk menerima signal wifi ke PC (merknya Bluelink). Akhirnya melalui beberapa kali coba-coba (buat Anak kok coba-coba....sst bukan....) maksudnya perlu colok sana sini akhirnya berhasil juga, PC saya bisa terkoneksi dengan internet melalui Modem Smartfren Andromax  M2Y 4 G LTE.

Jangan tanya kecepatan ya (saya belum tau cara ngukurnya he he he). Yang pasti, kecepatannya mengalahkan 5 modem yang pernah saya pakai dan 6 jenis kartu dari 4 operator berbeda. Seneng......pasti... Karena tadi malam saya coba buka youtube untuk durasi pendek ( sekitar 3 menit) mengalami jeda sebentar sekitar 2 kali. Tapi kalau untuk browsing, saya pastikan bisa setara atau kadang lebih gegas   di banding warung remang remang (eh salah w**net disekitar saya tinggal) maksudnya.
Salam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar