Senin, 21 Maret 2016

Bagaimana Menyiapkan Desa Menuju Era Globalisasi?

Jangan Pernah Menyesal Tinggal Di Desa.
Kemajuan teknologi informasi membuat Masyarakat Desa punya kesempatan yang terbuka untuk mengembangkan home industri, kerajinan dan usaha Mikro lainnya.

Kesempatan ini bukanlah kesempatan yang datang seolah sebagai dewa penolong... Tidak. Namun kesempatan terbuka ini. mensyaratkan kesiapan warga desa untuk mengetahui lebih lanjut. 

Diperlukan kemauan untuk mau mempelajari Apa saja yang perlu disiapkan menyongsong era globalisasi yang lebih didominasi oleh kekuatan teknologi informasi.
Sikap masyarakat yang makin terbuka terhadap segala bentuk perubahan dan perkembangan adalah syarat mutlak era globalisasi.

Oleh karena itu ada beberapa pertanyaan mendasar yang patut dicari jawabannya. Atau hal inilah setidaknya perlu diketahui oleh seluruh warga desa, Aparat Pemerintah mulai dari tingkat Desa hingga Pemerintah Daerah (Kabupaten, Kotamadya maupun Provinsi).
1. Seberapa mudah wilayah Anda bisa diakses oleh siapapun, dari manapun dan kapanpun.?
2. Dengan siapa sajakah dan darimana sajakah saat ini anda menjalin relasi usaha?
3. Apakah Anda terhubung dengan orang lain pada jarak ratusan bahkan ribuan kilometer dan bisa berkomunikasi dengan mereka  dengan biaya yang terjangkau?
4. Apa sajakah bentuk dukungan.pemerintah (mulai dari Desa, kecamatan hingga kabupaten dst) dalam hal pengembangan usaha berbasis teknologi informasi?
5. Apakah di wilayah terdekat dengan tempat tinggal Anda terdapat jasa pengiriman barang yang terpercaya?

Dari 5 pertanyaan tersebut, setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran seberapa besar kesiapan  wilayah kita (termasuk diri kita sendiri) untuk masuk dalam perdagangan global???

Untuk Informasi, Diskusi dan Layanan Jasa " Desa Menuju Era Global" Hubungi:
CV. Lensa Media Cendekia
Jl. Lintas Timur Sumatera Tanjung Kesuma Purbolinggo Lampung Timur
HP. 0812 7227 4677

Tidak ada komentar:

Posting Komentar