Selasa, 19 April 2016

Musim Panen Waktunya "Yarnen"

Lampung Timur (19/04/16), Ada panen - ada "yarnen". Istilah  yang cukup populer dikalangan penduduk desa. "Yarnen" adalah singkatan dari Bayar Panen. sebuah istilah untuk menyebut cara pembayaran yang harus dilakukan masyarakat masuk ke masa panen padi.

Sebuah kebiasaan yang lazim di tengah masyarakat pedesaan. Berhutang barang atau benda kebutuhan dan dibayar saat masa panen padi tiba. Waktu panen padi dijadikan tanda waktu pembayaran, karena dianggap bahwa masyarakat petani memiliki kemmapuan untuk membayar. Karena penjualan hasil panen padi dari sawah inilah yang diandalkan oleh warga masyarakat desa untuk membayar.


Hal ini juga sidah menjadi kebiasaan para penjual barang, meliputi barang kebutuhan dasar (pakaian), perabot rumah tangga, peralatan elektronik hingga kendaraan.

Musim panen dianggap musim yang baik untuk melakukan pembayaran atas hutang benda benda kebutuhan warga masyarakat.

Padahal jika diteliti lebih lanjut, perolehan hasil panen padi seyogyanya untuk cadangan pangan warga petani selama 1 tahun (Sejak musim tanam tahun ini hingga musim tanam tahun berikutnya). Namun karena beragam alasan, padi hasil panen biasanya langsung dijual kepada tengkulak (pengumpul). Dan seperti kita tahu bersama, pada saat panen raya padi seperti saat ini, harga dasar gabah bianya berada di level rendah. (yale).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar