Sabtu, 26 November 2016

Rangkaian Kegiatan Akreditasi UPTD Puskesmas Purbolinggo Dengan Lintas Sektoral


Sabtu 26/11/2016 - Rangkaian kegiatan Akreditasi di UPTD Puskesmas Purbolinggo  memasuki tahap diskusi dengan Lintas Sektoral.

Tim Surveyor Akreditasi FKTP dari Kementrian Kesehatan yang terdiri dari  Drg. Janiar M.AP., Ahmad Tarmizi Daud,
dan Hi. Mardani hari ini melakukan tatap muka dan dialog dengan Forkopimcam, Dinas Instansi, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Kader Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Pelajar dan elemen masyarakat lainya.

Dalam pertemuan itu, Tim yang Diutus  oleh Kementrian Kesehatan RI. Untuk melaksanakan Akreditasi di UPTD Puskesmas Purbolinggo melakukan penggalian seputar kegiatan UPTD Puskesmas Purbolinggo baik dalam bidang UKP (Usaha Kesehatan Perorangan) maupun UKM (Usaha Kesehatan Masyarakat).

Menurut Tim kegiatan  Akreditasi adalah upaya untuk peningkatan  muti dan pelayanan puskesmas bagi masyarakat. Oleh karena itu tim meminta masing masing  sektor menyampaiakan informaai seputar kegiatan puskesmas. Mulai dari perencanaan program kegiatan puskesmas hingga pelaksanaan.

Saiful Asri Sekretaris  Kecamatan Purbolinggo menyampaikan secara umum koordinasi dengann UPTD Puskesmas berjalan sangat baik. Kegiatan apel setiap hari senin di Kantor Kecamatan Purbolinggo yang melibatkan seluruh unsur Forkopimcam dan Kepala UPTD se Kecamatan Purbolinggo, Tidak pernah  lepas dari urusan kesehatan. Oleh karena itu UPTD Puskesmas Purbolinggo  sebagai leading sector sangat strategis.

Hal yang sama juga disampaikan AKBP. Rusdi selaku Kapolsek Purbolinggo menyampaikan selama ini  koordinasi  dengan Puskesmas meliputo beberapa aspek. Kerjasama penanganan Kesehatan  Tersangka Pembuang Bayi, Sosialisasi Bahaya Narkoba, pemeriksaan kesehatan tersangka dll.

Setuju dengan wacana Puskesmas untuk ditingkatkan Menjadi Puskesmas Rawat Inap.

Serma Sutarno, (Koramil 0411 Purbolinggo), juga menegaskan hubungan kerjasama yang telah dibangun dengan Puskesmas Purbolinggo.

Kepala KUA Purbolinggo juga menyampaikan kegiatan Lokakarya mini yang digelar dalam rangka menjaring kebutuhan masyarakat. Kerjasama yang telah dilakukan KUA dan Puskesmas diantaranya Sosialisasi Kesehatan Reproduksi, Suscatin (Kursus Calon Pengantin) setiap hari Rabu.

Mugiyono (Kepala  Desa Toto Harjo) menambahkan bahwa program  Kegiatan Kesehatan di Desa dimulai dari Musrenbang tingkat dusun, Desa hingga Kecamatan. Untuk tingkat Desa, beberapa program kesehatan telah Masuk dalam RKP Des 2017.

Senada dengan itu, Titra Irawan (Kepala Desa Taman Asri, menambahkan bahwa kecepatan respon Bidan Desa dan petugas Puskesmas dalam menangani laporan yang disampaikan masyarakat. Contohnya adalah kegiatan foging untuk pemberantasan nyamuk penyebab DBD.
Ia juga menambahkan tentang  program pembangunan yang menunjang bidang kesehatan seperti Membuat Gedung Pos Yandu juga sudah menjadi program pembangunan desa.

Sunarko ( Kepala Desa Tegal Gondo) menyampaikan prestasi desanya tahun 2016 meraih juara 1 Lomba Toga tingkat provinsi dan juara 2 tingkat Nasional.
Itu semua adalah bukti kerja pembinaan yang dilakukan Puskesmas Purbolinggo.

Masih banyak masukan informasi dan perkembangan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis dan perwakilan unsur  masyarakat terkait kegiatan Puskesmas Purbolinggo.

Ditemui  setelah usai acara Diskusi lintas Sektoral, Mulyono, S.ST. (Kepala UPTD Puskesmas Purbolinggo menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan  akreditasi  telah berlangsung dengan lancar. Ia berterimakasih atas beberapa catatan yang di terima UPTD Puskemas Purbolinggo dan jajaran terkait peningkatan mutu dan layanan.

Mulyono menyampaiakan bahwa rangjaian proses akreditasi ini bisa berjalan lancar berkat kerjasama tim dan jajaran UPTD Puskesmas Purbolinggo, dukungan Lintas Sektoral dan seluruh elemen masyarakat. Untuk itu ia menyampaiakan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan  akreditasi.
Ia tetap optimis bahwa kegiatan ini bisa membawa Puskesmas Purbolinggo bisa masuk Puskemas  Purbolinggo  Akreditasi Madya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar