Minggu, 04 Februari 2018

Literasi Alam Terbuka Lampung

Mengajak anak anak untuk gemar membaca bukanlah hal yang mudah dilakukan. Perlu beragam upaya agar kesadaran membaca bisa tumbuh sedini mungkin.

Seperti yang dilakukan oleh Komunitas Gubuk Baca Kesuma Dirgantara Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur.

Berbekal buku-buku koleksi Perpustakaan Desa Tanjung Kesuma yang diserahterimakan kepada Pemuda kemudi Karang Taruna Desa Tanjung Kesuma  kemudian dikembangkan berbagai metode untuk menumbuhkan kegemaran membaca dikalangan anak anak.
Komunitas Gubuk Baca Kesuma Dirgantara mengawali program menumbuhkan minat Baca dengan kegiatan sebagai berikut.

1. Obrok Baca
Adalah Sebuah cara menghadirkan buku buku dari perustakaan desa agar bisa menjangkau anak anak. Buku buku dari perpustakaan desa dipilih berdasarkan kategori anak anak kemudian diangkut dengan obrok/keranjang dan di bawa ke tempat berkumpulnya anak anak.

2. Literasi Alam Terbuka
 Adalah kegiatan literasi yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Desa "Embung Tirta Kesuma". Dilokasi ini Pengurus Komunitas Gubuk Baca menyediakan Gubuk Baca dan jadwal kegiatan Rutin mingguan
 Setiap hari Minggu Pagi (09.00 - 10.30 Wib), anak anak usia TK dan SD di kumpulkan dan di ajak membaca bersama. Selain kegiatan membaca juga dilaksanakan kegiatan yang relevan dengan dunia anak anak. Edugames dan kegiatan luar ruangan yang bersifat edukatif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar