Kamis, 19 April 2018

RAT ke- 1 Koperasi Konsumen Tunas Belimbing Indah




Taman Bogo, 19 April 2018. Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah kewajiban setiap koperasi yang didirikan tanpa kecuali. Melalui RAT Koperasi lah beberapa kebijakan pokok koperasi di lahirkan. Begitu juga semua program kerja, program usaha, organisasi, keanggotaan, kepengurusan, administrasi dan keuangan yang dijalankan harus di pertanggungjawabkan kepada anggota koperasi.
Seperti yang dilakukan Koperasi Konsumen Tunas Belimbing Indah (Koperasi TBI) pada Kamis 19 April 2018.  Koperasi yang didirikan pada Mei 2017 ini melaksanakan kewajiban berupa RAT ke 1 Tahun Buku 2017.
Acara yang diselenggarakan di Kantor Koperasi TBI Jl. Joko Ganjar 3 Desa Taman Bogo Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Timur, Dekopindo Kabupaten Lampung Timur, Badan Pengawas dan anggota Koperasi TBI.
Dalam sambutannya Ridwan Diharjo, S.TP selaku Ketua Koperasi Konsumen TBI menyampaikan permohonan maaf karena RAT ke 1 Tahun Buku 2017 yang seyogyanya dilaksanakan akhir tahun 2017, dengan terpaksa pelaksanaanya mundur hingga bulan April 2018,  karena beberapa kendala. Namun demikian ia berharap mundurnya jadwal RAT ke 1 ini tidak mengurangi semangat anggota, karyawan dan pengurus Koperasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing masing. 
Selanjutnya Ridwan juga mengarapkan adanya pembinaan dari Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Timur dan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopindo) Kabupaten Lampung Timur secara kontinyu agar perjalanan Koperasi TBI yang baru berdiri ini bisa terus berkembang dan dipercaya masyarakat.
Mujiono selaku Ketua Dekopindo Kabupaten Lampung Timur mengapresiasi pelaksanaan RAT yang dilaksanakan hari ini. Ia menambahkan beberapa catatan terkait pelaksanaan RAT. Sebagai Pimpinan organisasi yang merupakan representasi dari Koperasi koperasi yang ada di Lampung Timur, Dekopindo siap melakukan koordinasi dan menyampaikan aspirasi koperasi kepada pemerintah.
Budi Yul Hartono S.IP., M.IP selaku Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Timur menyatakan harapan besar kepada Koperasi Tunas Belimbing Indah sebagai Koperasi Konsumen agar bisa berkembang dan  menjadi contoh bagi Koperasi lainnya. Menurut Budi Yul, koperasi di Lampung Timur saat ini didominasi oleh koperasi Simpan Pinjam. dengan berbagai keunggulan dan persoalan yang tengah dihadapi, maka selaku Kepala Dinas mengajak masyarakat luas untuk tetap semangat berkoperasi, sekaligus cermat dalam memilih koperasi yang akan diikutinya. Ia menuturkan bahwa indikator utama sehat tidaknya koperasi adalah dari RAT. Jika Koperasi rutin menyelenggarakan RAT dan mengundang Dinas Koperasi dan memberikan laporan secara reguler kepada pemerintah maka bisa di jadikan indikator koperasi tersebut memiliki tingkat kesehatan yang baik.
Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Lampung Timur secara resmi membuka RAT ke 1 Koperasi Konsumen Tunas Belimbing Indah Tahun Buku 2017.
Acara pokok persidangan RAT Koperasi Konsumen Tunas Belimbing Indah Tahun Buku 2017 di pimpin oleh Suyatno SP. Dalam acara persidangan dilakukan beberapa acara diantaranya :
a. Pembukaan
b. Pengesahan Tata Tertib RAT,
c. Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi
d. Laporan Pertanggungjawaban Pengawas
e. Pemandangan Umum Anggota/peserta RAT,
f. Jawaban Pengurus dan Pengawas terhadap pemandangan umum peserta,
g. Pembacaan Hasil Rapat dan pengesahan pengesahan
h. Pembacaan Notulensi Rapat
i. Penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar