Minggu, 27 Januari 2019

Telaah B-Ter Sebagai Program dan atau Sebagai Aplikasi

Sumber: TBI 
Belanja Terencana Adalah sebuah Sistem/Program dan Aplikasi  untuk memfasilitasi Rencana Belanja Konsumen.  Program ini dikembangkan oleh Koperasi Konsumen Tunas Belimbing Indah (TBI) Lampung Timur untuk memudahkan setiap orang memenuhi  kebutuhan masa depan sejak sekarang.
Dalam pengembangan Program dan Aplikasi Belanja Terencana, Koperasi Konsumen TBI memberika  kesempatan seluas-luasnya bagi semua pihak untuk menjalin kerjasama dan kemitraan untuk  menyelenggarakan dan megembngkan program pemenuhan kebutuhan masyarakat. 

Bagaimana Cara Termudah memahami  Belanja Terencana (B-Ter)?
Berikut ini dua pendekatan dan cara pandang bagi seseorang untuk bisa tertarik dan kemudian berusaha memahami Belanja Terencana (B-Ter) .
A.  Belanja Terencana (B-Ter) Sebagai Sebuah Program :
- Program Usaha yang akan menumbuhkan Gerakan Sosial dan Ekonomi berbasis kearifan lokal, potensi lokal dengan menjalankan prinsip Usaha Bersama.
- Usaha yang bergerak pada wilayah kesadaran,  bisa dilaksanakan setelah Tumbuh Kepercayaan, ada Perubahan Cara Pandang dan Perilaku  Konsumen (syarat Muatan Edukasi)
- Usaha dengan instrumen dan perlengkapan sederhana, bisa dijalankan oleh siaapun, dimanapun dan kapanpun.
- Implementasi Usaha yang memiliki visibilitas (bisa dilihat dan diamati sehingga bisa diduplikasi (ditiru dan dilipatgandakan).
- Usaha yang memiliki Segmentasi Pasar luas, dan memenuhi aspek Sustainabilty (Keberlanjutan) tinggi,  karena bergerak pada wilayah pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
- Usaha yang mengutamakan Pemberdayaan orang dan atau  Organisasi, dengan memenuhi prinsip penyusunan Rencana Kebutuhan secara Kolektif dan Terencana
- Usaha yang memiliki falsafah dasar Berbagi, mulai dari tugas dan peran di berbagai tingkatan,  hingga pada mekanisme pengaturan bagi hasil usaha secara adil dan merata.
- Usaha yang berbasis peta Kebutuhan Konsumen sehingga memiliki Bargaining Position (Posisi Tawar)  tinggi kepada semua pihak.
B.  Belanja Terencana (B-Ter)  Sebagai Sebuah Aplikasi
- Sistem Usaha berbasis IT yang user friendly (memberi kemudahan pada pengguna) sehingga bisa dioperasikan siapapun, kapanpun dimanapun,  termasuk untuk menjangkau generasi milenial
-  Aplikasi yang menghadirkan layanan dan fasilitas untuk melindungi hak-hak konsumen.
- Sistem usaha yang relevan dengan kemajuan IT dan peningkatan taraf hidup masyarakat.
-  Sistem usaha yang bisa melintasi batas batas adminitrasi dan kewilayahan, status sosial, lintas sektoral dan lintas kepentingan.
-  Dukungan Aplikasi yang terintegtasi,  mulai dari  pengadministrasian dan penyimpanan data, SOP,  Sistem Pelaporan,  Monitoring Evaluasi, Alur Pendistribusian Barang/Jasa yang berbasis validasi data  otomatis dan  terpusat.
-  Dukungan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang teruji,  sehingga memudahkan Mitra Kerja bisa membuat perencanaan usaha,  proyeksi usaha,  melakukan evaluasi kinerja usaha,  menyusun rencana tindakan dan pengambilan keputusan secara cepat,  akurat dan obyektif.
-  Aplikasi yang menggunakan falsafah usaha yang transparan dan memiliki tingkat akuntabilitas publik tinggi.
-  Aplikasi yang memiliki fleksibilitas, sehingga bisa di kembangkan baik secara program dan fungsi, untuk mendukung pengembangan usaha yang berbasis kebutuhan masyarakat.
-  Aplikasi yang memfasilitasi usaha agar berjalan dengan tingkat efektifitas dan efisiensi tinggi.
Demikian telaah program dan aplikasi Belanja Terencana (B-Ter),  semoga membantu pembaca untuk memberikan gambaran umum tentang konsepsi dan implementasi Belanja Terencana.
Salam Sukses.
Ttd
Founder Program Belanja Terencana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar