Kamis, 02 September 2010

TN Way Kambas Lampung Timur Menyala Lagi

Kebakaran Taman Nasional Way Kambas

Ini bukan gambar penampakan..lho.......itu tuh seperti yang sering di tayangankan di televisi
Tetapi ini adalah foto kebakaran di Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur yang sempat saya jepret. Fotonya terkesan agak dipaksakan...ya memang !!, yang pertama karena lokasi terlalu jauh.(sekitar 2 km dari kediaman saya) apalagi pakai lensa standar cuma 18-135 mm. yang kedua mau mendekat... hmmm belum punya nyali.... maklum banyak binatang buasnya.
Tapi mudah-mudahan gak mengurangi niatan berbagi informasi ya....
Bicara Taman Nasional Way Kambas memang tidak habis-habis, Kalau pada posting sebelumnya (tanggal 10 Agustus) lalu saya menulis tentang merangseknya Gajah TNWK ke pemukiman Warga, Pada postingan kali ini tentang "Merangseknya" debu (sisa Kebakaran) TNWK  ke Pemukiman. Bagaimana tidak, sejak pukul 16.00 wib, teras rumah dan sekitar halaman rumah dipenuhi dengan debu/ latu (bahasa jawa). 
Kalau sekedar debu sih tidak begitu menjadi masalah,..... karena begitu di sapu maka lantai bersih lagi.

Namun bisa kita bayangkan jika kebakaran terjadi berjam-jam yang lalu, maka sudah berapa luas kawasan TNWK yang ludes dilalap si jago merah (Meniru.. berita di TV hehehhheeeee)
Kemudian berapa banyak hewan mulai yang kecil sampai yang besar dan tumbuh-tumbuhan (meminjam istilah orang kuliahan PLASMA NUTFAH) yang punah.
Sedih....
Apalagi musnahnya padang rumput yang menjadi habitat Gajah. Lagi-lagi petani sekitar kawasan TNWK yang akan menerima imbas kebakaran ini, karena lahan makan gajah habis maka lahan petani jadi sasaran lagi.


Saya tidak perlu mencari-cari penyebab kebakaran ini, karena hampir tiap tahun terjadi. Entah Kealpaan atau kesengajaan (bukan suuzon lho...) tapi benar kata pepatah "ada asap pasti ada api".... eeee  sekarang (waktu saya menulis) apinya sedang berkobar..kobar.lho... Yang pasti disengaja.

Sayai hanya bisa berharap semoga pihak berwenang bisa segera mengambil tindakan...
karena warga juga hanya bisa menonton.... bawa ember... derigen... atau drum pun rasanya tidak mungkin bisa memadamkan api yang terlanjur besar...
Semoga Tuhan melimpahkan rezeki hujan malam ini Amin...
Sehingga Warga Purbolinggo, Way Bungur dan sekitar TNWK bisa bertani dengan tenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar