Minggu, 04 Maret 2012

Melestarikan Tradisi Gotong Royong (Sebuah Catatan Kecil aktifitas Warga Desa Tegal Yoso Purbolinggo Lampung Timur)


 Gotong-royong is a conception of sociality familiar to large parts of Indonesia and Malaysia (www.en.wikipedia.org). 

Gotong Royong Merupakan sebuah istilah yang berasal dari Indonesia yang bermakna melakukan sebuah pekerjaan bersama-sama secara sukarela demi tercapainya sebuah tujuan. Kegiatan Gotong Royong merupakan salah satu warisan tradisi yang memiliki nilai budaya tinggi yang dimiliki Bangsa Indonesia yang belum tentu dimiliki negara lain.

Sebuah Contoh Kegiatan Gotong Royong Memperbaiki Jalan di Dusun IV Tegal Yoso, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur (Jumat, 2 Maret 2012). Sejumlah warga bahu membahu menimbun jalan yang berlubang dengan cara menggali parit. Tujuan utamanya adalah agar jalan mudah dilalui, dan aliran air (Drainase) menjadi lancar. Kegiatan ini dilakukan dengan penuh kesadaran dan solidaritas tinggi oleh masyarakat dusun tersebut. Menurut Kepala Desa Tegal Yoso Muhroni, kegiatan ini dilakukan agar akses jalan menuju areal pertanian dan perkebunan menjadi lancar, mengingat tidak lama lagi petani akan panen padi sehingga memudahkan pengangkutan hasil panen.
 Selain di Dusun IV, warga Dusun VI Desa Tegal Yoso Kecamaatan Purbolinggo Lampung Timur juga melaksanakan Gotong royong melebarkan jalan menuju areal pertanian, dengan tujuan agar jalan bisa dilalui kendaraan roda empat. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh laki-laki saja, tetapi juga melibatkan  Ibu-Ibu. Mereka dengan sukarela melakukan ini demi lancarnya transportasi di areal pertanian mereka.

Gotong Royong rupanya sudah mendarah daging di kalangan masyarakat dusun VI Tegal Yoso, sekalipun sudah renta  seorang kakek masih turut melakukan bersih-bersih lingkungan.
Patut dibanggakan jika ditengah serangan pengaruh budaya barat yang membuat kecenderungan masyarakat semakin individualis, masih ada sekelompok masyarakat yang masih menjaga tradisi Gotong Royong.  Semoga Tradisi ini tidak lekas pupus oleh derasnya arus moderenisai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar