Sabtu, 15 September 2012

Bashaer Othman Walikota Termuda Dunia


Ini dia contoh teladan bagi kaum muda, usianya baru belasan tahun namun sudah memiliki kemampuan untuk memimpin sebuah kota di Palestina. Adalah Bashaer Othman (16 tahun)  sudah dipercaya untuk menjadi seorang walikota di Allar, kota kecil di Tepi Barat utara, Palestina. Bashaer yang merupakan siswa tingkat pertama sebuah sekolah menengah khusus perempuan di Allar. 

Peduli dengan persoalan tenaga kerja

 Bashaer Othman juga dikenal karena perhatiannya terhadap banyaknya warga Allar yang mencari kerja di Israel padahal bayaran di sana rendah, Bashaer mengatakan, pihaknya tidak bisa melarang warganya cari kerja di negara Yahudi itu. "Yang dapat kami lakukan adalah menciptakan langan kerja karena melarang orang pergi kerja ke Israel itu tidak mungkin," katanya. (Kompas.com)


 "I was scared about taking on so much responsibility, it was a big challenge".  
Bashaer Othman, Walikota  Allar

Bashaer memang hanya menjadi walikota untuk jangka waktu dua bulan, terhitung sejak 2 Juli lalu. Ia mengambil alih jabatan itu dari walikota yang sesungguhnya, Sufiyan Shadid. Keberadannya di posisi itu merupakan bagian sebuah proyek parlemen pemuda nasional, yaitu Forum Pemuda Sharek. Proyek tersebut  bertujuan untuk melibatkan anak-anak muda pada kerja sehari-hari pemerintah daerah Palestina. Bashaer terpilih melalui sebuah proses seleksi.

Proyek tersebut telah berjalan di seluruh wilayah Palestina. Namun Bashaer merupakan orang pertama yang mengambil peran berprofil tinggi semacam itu. Shadid mendukung penuh langkah tersebut dan menjadi mentor Bashaer selama menduduki jabatan itu. 

Nah bagimana dengan remaja di negeri kita, apakah mungkin mendapat kesempatan seperti  Bashaer Othman. Kalaupun belum saat ini, setidaknya  Bashaer Othman dapat menjadi spirit bagi generasi muda di Indonesia untuk berbuat yang terbaik bagi negaranya. Salam 

(sumber: www.lensapurbolinggo.blogspot.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar