Minggu, 17 Januari 2016

Menelaah Cara Mengaktifkan Kegiatan Siskamling

Tindak kejahatan saat ini bisa berpotensi muncul dan terjadi  disemua wilayah. Seperti tidak kenal tempat dan waktu.  Kondisi ini menuntut kewaspadaan semua pihak. Tidak hanya aparat keamanan saja. Naum partisipasi warga masyarakat dalam meciptakan sistem keamanan lingkungan di  wilayahnya masing-masing juga sangat diperlukan. Salah satu
wujud nyata dalam melaksanakan Kegiatan Siskamling adalah dengan melakukan ronda malam.

Namun Faktanya Aktifitas Ronda malam di perdesaan sering mengalamai fluktuasi semangat.  Sering dianggap sebagai hal yang sangat penting untuk dilakukan pada saat situasi tertentu (rawan tindak kriminal), namun menurun lagi aktifitasnya ketika keadaan sudah berangsur aman. Pada saat situasi kondusif, Himbauan, ajakan dan perintah dari pihak terkait (baik aparat keamanan maupun pemerintah desa) kerap diabaikan warga masyarakat.

Jika di telaah lebih lanjut, sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan bersama oleh masyarakat dengan melaksanakan kegiatan ronda malam diantaranya:
1. Bisa mengantisipasi timbulnya tindak kejahatan seperti pencurian, perampokan atau tidakan melawan hukum dan tidakan yang melanggar norma yang berlaku di masyarakat.
2. Bisa mempercepat penanganan munculnya masalah yang berkaitan  ganguan keamanan dan ketentraman masyarakat. Seperti pada saat terjadi  musibah, dan bencana alam.
3. Bisa menjadi sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat.  Penyusunan jadwal ronda yang baik, akan melibatkan seluruh warga dalam satu lingkungan. Hal ini memungkinkan berkumpulnya beberapa  warga masyarakat dalam satu waktu dan kepentingan.  Kesibukan warga sehari-hari mungkin saja menyebabkan berkurangnya waktu silaturahmi. Dengan kegiatan ronda malam bisa menjalin silaturahmi yang lebih erat bagi warga.
4. Menjaga rasa saling membutuhkan sesama warga. Tak peduli dihuni warga yang kaya atau miskin, sebuah lingkungan membutuhkan jaminan keamanan dan ketentraman. Bagiamana membuat ikatan kebersamaan bagi warga yang tinggal dalam satu lingkungan. Dengan kegiatan ronda malam, rasa kebersamaan akan bisa terbangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar