Sabtu, 30 April 2016

Kiat merawat Kamera Ponsel (Smartphone dan Android)

Tips Fotografi pakai Ponsel #01
Kiat merawat Kamera Ponsel (Smartphone dan Android)
Konsep dunia dalam "genggaman" saat ini sudah mendekati kenyataan. Bagaimana tidak, beragam aplikasi canggih sudah tersaji di layar ponsel cerdas atau Android kita. Dengan satu atau dua sentuhan saja kita bisa berkomunikasi dengan siapapun di belahan bumi terjauh sekalipun.
Tak hanya cukup sampai disitu. Selain komunikasi suara dan data, saat ini sangat mudah bagi kita untuk berbagi gambar berupa foto dan video kepada siapapun.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal melalui kamera ponsel kita perlu mengetahui cara dasar dalam merawat kamera ponsel.
Keberadaan kamera ponsel sangat penting bagi setiap pengguna. Lazimnya kamera ponsel digunakan untuk mengabadikan momen momen penting. Baik  ketika sedang menggelar acara liburan, acara kumpul-kumpul  bersama sahabat, kerabat maupun keluarga.

Bagi Anda pengguna ponsel dan.kerap menggunakan untuk mengabadikan momen penting,   tidak ada salahnya  mengetahui bagaimana cara  merawat kamera ponsel agar hasilnya tetap bagus sesuai keinginan Anda.

Berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan pada kamera ponsel Anda.

Pertama Adalah Menjaga Kebersihan. Kualitas gambar yang dihasilkan kamera ponsel sangat bergantung pada kebersihan lensa kamera. Rendahnya kualitas gambar kamera ponsel, kecerahan, kejernihan hasil kamera pada umumnya disebabkan karena penggunaan ponsel yang mengabaikan kebersihan lensa kamera. (Selain pengaturan optimal pada kamera)
Dengan membersihkan lensa kamera secara teratur, maka kan membuat hasil jepretan kamera tetap cerah. Gambar juga terhindar dari gangguan blur ketika digunakan.
Hal yang tidak kalah penting untuk diingat adalah jangan sembarangan menggunakan lap untuk lensa. Lap yang gunakan haruslah berbahan lembut, supaya tidak menimbulkab goresan pada permukaan lensa kamera. Saran: Gunakan lap khusus berupa tisue lensa (biasa dijual di toko peralatan fotografi)

Kedua Hindarkan Kamera Ponsel dari Paparan Sinar Matahari Langsung. Paparan Sinar matahari langsung, mengandung potensi merusak komponen yang ada didalam lensa kamera. Kita perlu bijak pada penggunaan kamera ponsel pada momen outdoor.
Bila perlu gunakan filter khusus seperti yang digunakan pada peralatan fotografi yang di desain untuk mencegah paparan.Sinar matahari langsung ke lensa.

Ketiga Jauhkan dari Alat atau Bahan Destruktif terhadap Ponsel. Jauhkan ponsel dari benda yang mengandung magnet seperti Komputer atau TV. Peralatan ini mungkin saja menimbulkan dampak pada sirkuit dan peralatan Ponsel. Selain itu menurut beberapa sumber, juga dilarang mendekatkan ponsel dengan kapur barus. Dengan alasan yang sama, bahan kapur barus dikhawatirkan bisa menimbulkan kerusakan pada perangkat ponsel.

Keempat Jaga Kamera dari Goresan. Lensa Kamera ponsel rentan terkena goresan. Jika ini terjadi bisa menimbulkan hasil foto/video kalian kurang baik.

Kelima Hindari Ponsel dari  air terutama air laut. Karena sifat korosif (menyebabkan Karat) air laut sebaiknya dihindari oleh pengguna ponsel.


Demikian Sekelumit Cara Merawat Kamera Ponsel. Karena kamera mrupakan fasilitas built-in mak perawatan secara umum, mengikuti aturan penggunaan yang tercantum pada manual book ponsel. Selamat berfoto Ria dengan kamera ponsel Anda. (lm 01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar