Minggu, 15 Mei 2016

Menabung Gabah Untuk Masa Paceklik

Lampung Timur - Kelompok Tani Campur Sari (No. 12/11/04/120/2007)
Seksi kegiatan Lumbung Paceklik Dusun  VI Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur hari ini Minggu 15 Mei 2016, melaksanakan kegiatan pengumpulan Gabah untuk mengisi Lumbung Paceklik.

Saryono, pengurus kelompok kegiatan menyatakan bahwa Lumbung Paceklik ini telah memasuki tahun ke 6.  Pada musim paceklik tahun 2015 kelompok memiliki kekayaan gabah sebanyak 6.747 kg.  Setelah sisihkan jasa pengurus sebanyak 434 kg dan penyusutan 114 kg, maka total gabah yang dipinjamkan kepada anggota sebanyak 6.200 kg.
Pada pengumpulan hari ini, pengurus menargetkan jasa masuk sebesar 1.550 kg. Jika ditambah dengan pokok gabah tahun 2015, maka total gabah yang akan disimpan di Lumbung Paceklik Dusun VI Tanjung Kesuma adalah 7.750 kg. Ini belum ditambah adanya penambahan gabah dari anggota baru yang nilai saham nya adalah 162 kg/saham.

Menurut Sugianto HS. Kepala Desa Tanjung Kesuma, kegiatan Lumbung Paceklik ini merupakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang bermanfaat pada seluruh anggota. Sangat membantu.
Menurut Salim salah satu anggota kelompok sekaligus pemrakarsa pendirian kelompok, kegiatan ini perlu didukung dengan peralatan
Mesin Kipas (1 unit), dan Timbangan Duduk. Menurut Salim, peralatan ini saat ini masih harus disewa dari tempat lain.
Ia berharap ada dukungan dari pihak yang berwenang dalam.kegiatan Lumbung ini.
Dalam situs www.tanjungkesuma.blogspot.com, juga telah diberitakan ahwa pada Minggu 30 November 2014 warga Dusun VI Tanjung Kesuma yang menjadi anggota kelompok Lumbung Paceklik  melakukan pembongkaran simpanan Gabah. Penyimpanan gabah dikediaman Saryono sudah dilakukan sejak musim panen tahun 2014 ini menghasilkan total gabah sebanyak 4.828 kg. Gabah ini dipinjam oleh 20 anggota untuk beragam keperluan mulai dari mencukupi kebutuhan sehari-hari dan biaya persiapan musim tanan 2015.
Pengumpulan gabah lumbung Paceklik hari ini dipimpin langsung oleh ketua Lumbung Miyono bantu oleh Saryono dan seluruh anggota. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gunadi (Kepala Dusun VI), Sugianto (Kepala Desa)  dan Suyatno (Sie Perekonomian LPMD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar