Rabu, 22 Juni 2016

Gerakan Jimpitan Untuk Pemasangan Lampu Penerangan Jalan

Kegiatan Jimpitan beras dilaksanakan oleh ibu ibu RT 20 & 21 Dusun VI Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur.
Jimpitan merupakan kearifan lokal warga desa yang masih terjaga dan terbukti bisa digunakan untuk mewujudkan sebuah rencana bersama.
Cara yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan Jimpitan ini adalah dengan mengumpulkan beras dari tiap rumah warga. Warga menyediakan tempat beras bisa menggunakan gelas air mineral, toples kecil, potongan botol air mineral atau bekas kaleng susu.
Setiap hari warga menaruh beras seiklasnya. Bisa satu genggam, atau beberapa sendok makan lalu di taruh di wadah dan digantungkan di bagian depan atau samping rumah.
Setiap sore hari petugas yang ditunjuk mengambil dari rumah ke rumah dan kemudian mengumpulkan beras tersebut. Setelah mencapai jumlah tertentu beras kemudian dijual. Uang hasil penjualan beras inilah yang kemudian menjadi kas.
Ibu ibu di lingkungan Dusun VI Desa Tanjung Kesuma  telah melaksankan jimpitan dan memiliki kas hingga jutaan rupiah. Pada tahap awal uang ini akan digunakan untuk pembelian lampu penerangan jalan umum di lingkungan dusun tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar