Selasa, 21 Juni 2016

Kube Tunas Kesuma Resmi buka Pendaftaran Anggota Kemitraan Budidaya Pepaya

Dalam rangka pemanfaatan lahan Peekarangan dan peningkatan ekonomi warga masyarakat, pengurus Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tunas Kesuma Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur menyelenggarakan sosialisasi program kemitraan Budidaya Tanaman Pepaya di Desa Tanjung Kesuma Purbolinggo Lampung Timur.

Acara yang diselenggarakan di Kediaman Y. Sunarto (Dusun VI Tanjung Kesuma) bertepatan dengan selesainya acara Do'a Bersama yang diselenggarakan rutin oleh umat katholik, mendapat sambutan antusias.

Pada acara tersebut Saryono (Pengurus  Kube Tunas Kesuma) menyampaikan program kemitraan budidaya tanaman pepaya dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Ia menawarkan kepada warga yang masih memiliki tanah kosong dipekarangan untuk bisa mengikuti program kemitraan ini. Jenis pepaya yang dikembangkan ada dua jenis yaitu pepaya Bangkok dan California.

Saryono menambahkan bahwa target awal pepaya yang di kembangkan minimal 3 ton setiap kali panen. Pada tahap pertama direncanakan akan dilakukan penanaman sebanyak 2.000 batang  di wilayah Dusun VI Tanjung Kesuma.

Suyatno (Sekretaris Kube Tunas Kesuma) memaparkan pentingnya berkelompok dalam melakukan budidaya pepaya. Selain untuk memudahkan pemasaran, dengan berkelompok juga akan memudahkan dalam proses budidaya karena dilakukan secara serentak oleh warga. Ia mengingatkan bahwa dalam organisasi Kube ada beberapa aturan yang perlu ditaati bersama sebagai jaminan program kemitraan budidaya pepaya bisa berjalan lancar.

Y. Sunarto, selaku warga masyarakat Dusun VI dan pimpinan jemaat umat katholik dusun setempat menyambut baik rencana ini. Ia pun mengajak jemaat lain untuk bersama-sama mendukung program ini yang ditawarkan.  Ia melihat bahwa usaha budidaya pepaya memiliki peluang yang perlu dikembangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar