Rabu, 06 Juli 2016

Menyantap Kelezatan Sate Padang

Pembaca yang budiman, pasti pernah mendengar kuliner satu ini. Ya sate padang. Kuliner khas Sumatera Barat ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan sate jenin lainnya. 
Pertama kali saya makan sate padang sekitar 15 tahun lalu. Waktu itu diperkenalkan oleh teman baik saya (yang saat ini menjadi ibu dari anak anak saya he he he). Sahabat saya memang keturunan Sumatera Barat.
Awalnya merasa aneh sih melihat sate pada umumnya yang saya kenal. Dari tampilan awal saat penyajian, saya sempat tertegun dan merasa aneh melihat bumbu sate padang berwarna kuning, seperti kuah kental dan di siramkan ke sate.
Saat saya coba makan, hmmmm ternyata lezat. Apalagi dengan rasa gurih, bercampur rasa rempah, dan pedas (khas masakan padang)..
Meski baru pertama kali, waktu itu saya langsung terkesan dengan masakan ini (bukan karena yang ajak makan lho.. he he he).
Sejak itulah saya mengenal aate padang dan sesekali berkunjung ke tempat yang menjual sat padang, saya menyempatkan untuk makan.
Sate padang dibuat dengan bahan daging sapi, di dikombinasikan dengan jeroan, tetelan.
Sate Padang pada umumnya disajikan pada saat panas.  Hingga kelezatan dan sensasi rasa pedas dan rempahnya.. hmm...lezat.
Tadi sore (hari pertama Idul Fitri 1437 H) saya sekeluarga berkunjung ke rumah ibu mertua di Bandar Jaya Lampung Tengah.  Dalam perjalanan terbersit untuk singgah ke tempat yang menjual sate padang langganan kami. Tapi sejenak kemudian tersadar... bahwa ini hari pertama lebaran.. nggak mungkin buka..he he he. Dan benar saja sampai di Kelurahan Bandar Jaya Barat, tempat jual sate padang memang sedang tutup. Agak kecewa juga sih...
Tapi kecewa tersebut nggak berlangsung lama. Sampai.di.kediaman ibu mertua, salah satu kakak ipar saya bilang, bahwa ia membuat sate padang... wahhh... emang kalau rezeki.nggak bakalan kemana he he..
Dan benar saja, nggak lama.kemudian sepiring sate padang sudah di sajikan di depan twmpat duduk saya. Kalau istilah sekarang gpl (gak pake lama), sepiring sate padang langsung saya santap... rasanya.. hmmm khas sate padang...pokoknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar