Sabtu, 31 Juli 2010

10 TIP MELAKUKAN PENJUALAN

Hampir setiap orang menginginkan bisa memiliki usaha.  Berbekal ketrampilan dan modal yang dimilikinya biasanya orang kemudian memberanikan diri untuk memulai sebuah usaha. Ada banyak faktor yang mempengaruhi jalannya sebuah usaha baik bergerak dibidang barang maupun jasa. Yang terpenting adalah bagaimana membuat barang/jasa yang sediakan bisa kita jual kepada konsumen.Tentu saja hal ini sangat dipengaruhi kemampuan kita dalam memasarkan barang/jasa kepada konsumen. 

Berikut ini beberapa tips dalam melakukan penjualan yang saya himpun dari berbagai tulisan.

1. Juallah persahabatan dan hubungan baik. karena dengan hubungan baik, orang bisa menerima kita dan mau membeli produk kita lebih banyak. Untuk memiliki hubungan baik, bersikaplah tulus dalam menyampaikan sesuatu.
2. Jangan pernah melakukan pemaksaan dalam penjualan. Itu merusak hubungan karena bukan hanya akan kehilangan omzet, Anda juga akan kehilangan teman dan kesempatan di masa mendatang.
3. Bersikaplah profesional dalm menjual. Katakan apa adanya, jangan berlebihan, gunakan bahasa yang baik dan santun.
4. Jangan pernah membohongi pelanggan. Kredibilitas adalah kunci dasar perjuangan.
5. Bawalah selalu produk dan perlihatkanlah contoh produk kepada pelanggan. Hal itu lebih berarti dibanding jika anda hanya menjual dengan brosur saja.
6. Berikanlah pelayanan setelah penjualan. Ini akan memperlihatkan tanggung jawab anda sebagai penjual.
7. Mintalah referensi yang memiliki kredibilitas tinggi dari konsumen Anda.
8. Usahakan melakukan demo produk. Daripada menceritakan manfaat produk secara teori.
9. Lakukan closing setelah anda selesai berdemo. Tanyakanlah produk mana yang ingin dibeli. Jangan katakan,”Ibu mau beli atau tidak?” karena terlalu frontal.
10. Berpenampilan bagus sesuai keadaan. Kesan pertama sangat penting

Demikian, semoga ada manfaatnya. Karena saya dalam tahap belajar, maka dengan senang hati saya menerima setiap komentar yang anda tinggalkan di kolom bawah tulisan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar