Event Organizer (EO) adalah sebuah bisnis jasa, untuk mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, Pelaksanaan Acara hingga evaluasi dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client.
Di tilik dari Konsep Acaranya maka, kegiatan yang dilakukan oleh EO dapat di golongkan menjadi 3 jenis :
- Konsep dari Client (EO menyelenggarakan sebuah kegiatan/acara yang merupakan permintaan dari Client dengan tujuan tertentu)
- Konsep dari EO ( Kegiatan yang diselenggarakan oleh EO dengan cara menggalang dukungan dari Sponsor, partisipan donator dll)
- Kombinasi (Perpaduan Konsep dari Client dan EO)
Dalam menjalankan sebuah kegiatan Hal Penting Yang Perlu dimiliki oleh penyelenggara kegiatan antara lain:
1. Kemampuan Menganalisis (Fakta, Informasi, Segmentasi Pasar & Solusi)
2. kemampuan marketing (Menjual Ide, Gagasan, Konsep)
3. kemampuan creative concept (Menyusun Alur Kegiatan, Jadwal, Publikasi, rangkaian acara)
4. kemampuan organizer ( Menggerakan serangkaian aktivitas dan dilakukan secara bersama)
5. Customer Oriented (Melayani kebutuhan Konsumen dan Sensitif terhadap situasi-situasi yang menuntut gerak cepat karena ada kebutuhan customer
6. Dinamis/ leadership situasional (fleksible dan Tidak tergantung pada orang lain)
Secara singkat Langkah-Langkah dalam Menyelenggarakan sebuah Kegiatan adalah sebagai berikut:
- Membuat organisasi kerja. (cukup 3-4 orang)
- Mengurus izin usaha maupun penyelenggaraan
- Membuat rencana kerja yang teratur dan detail.
- Membuat proposal yang berisi ( latar belakang, tujuan, acara, waktu dan tempat penyelenggaraan serta harga dan fasilitas) Proposal ini merupakan alat bantu.
- Follow up dari proposal kepada sponsor maupun calon klien terhadap rancangan maupun anggaran kegiatan.
- Membuat konsep publikasi acara (tentukan Bentuk, Media, dan durasi)
- Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan acara, seperti pemberi kerja/sponsor dana/barang, dan pemasok(pemilik ruangan, penyewaan alat2 pesta/kantor, partisi, penyedia tenaga kerja)
- Membuat kontrak kerja sama berupa hak dan kewajiban berbagai pihak, seperti dengan pemberi kerja, sponsor, pemasok, dan penyedia tenaga kerja.
- Menyiapkan dan menyelenggarakan acara sesuai konsep.
- Memberikan Nilai Lebih (Daya Tarik) pada setiap acara yang diselenggarakan. Contoh Bazzar, doorprze, lomba2
Contoh-contoh Event Organizer:
1. Organizer MICE : Kependekan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition
2. Brand Activation, Musik dan Hiburan , Penyelenggara Pernikahan, Ulang Tahun, acara pesta dll
Demikialah Sekelumit Tulisan mengenai Peluang Usaha Event Organizer, dengan senang hati saya menerima kritik dan saran terhadap tulisan ini.
Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
BalasHapusOh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
Bagi yang membutuhkan Jasa Sewa Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.
Salam Blogger min.