Selasa, 08 November 2011

CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran

CD interaktif adalah sebuah program interaktif yang dibuat untuk menyampaikan sebuah  informasi penting,  yang dapat dijalankan dengan mudah oleh pengguna.  Media ini lazim disebut CD karena media penyimpanannya mayoritas adalah sebuah kepingan CD.  Di tilik dari sifatnya cd interaktif  bersifat Plug and Play dan jalan secara autorun.
Sedangkan dari  segi fungsi dan tujuannya cd interaktif dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:
CD interaktif Company Profile,  CD interaktif Pembelajaran,  CD interaktif tutorial, CD interaktif simulasi
CD interaktif Portofolio atau CV, CD interaktif Katalog Product/ Product Tour,  CD interaktif Wedding / Invitation
sebenarnya media   interaktif ini tidak harus dikemas dalam bentuk CD, karena saat ini tersedia  banyak media penyimpanan lainya seperti USB Flashdisk, kartu memori (SDcard/MMC), atau disimpan di dalam  media seperti Handphone dan sebagainya.

Manfaat CD Interaktif di Dunia Pendidikan

Banyak manfaat yang bias didapatkan bagi dunia pendidikan dari penggunaan Cd interaktif ini antara lain:
 Pertama Mengurangi  beban pengeluaran Siswa atau pengajar terhadap buku pelajaran yang makin hari harganya semakin tinggi.  CD interaktif dapat di produksi atau didapatkan secara masal dengan biaya yang lebih murah.
Kedua  adanya audio dan video memungkinkan  visualisasi  materi pelajaran secara interaktif akan mudah disampaikan oleh pengajar dan akan mudah diterima oleh siswa/pelajar.
Ketiga  dengan CD interaktif yang ukurannya relative kecil tetapi memuat banyak materi sekaligus. Dan dengan kemajuan teknologi memungkinkan  siswa cukup membawa notebook, ipad atau cukup dengan Handphone yang mendukung flash lite saja, karena cd interaktif tidak harus berupa CD tetapi juga bisa berupa data dan tidak harus dijalankan pada PC.
Keempat Pengguna secara  otomatis akan selalu mengikuti perkembangan teknologi, baik dari sisi perangkat lunak, maupun perangkat keras. Sehingga  penggunaan dan penyerapan teknologi baru akan dapat berjalan cepat.
Kelima Media interaktif dapat dengan mudah dibagikan kepada teman atau orang lain tanpa kehilangan yang sudah kita miliki (tidak seperti buku). Sehingga kita sudah bias menerapkan berbagi ilmu meskipun kita sendiri sedang belajar.
Demikian dulu tulisan mengenai penggunaan CD interaktif bagi dunia pendidikan, mudah-mudahan di posting berikutnya penulis dapat berbagi mengenai teknis pembuatan CD Interaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar