Rabu, 22 Agustus 2012

Purbolinggo Lampung Timur bak miniatur Pulau Jawa





Purbolinggo, merupakan salah satu kecamatan yang letaknya di Kabupaten Lampung Timur. Ditilik dari namanya yang mirip dengan nama kabupaten di tanah Jawa tentu anda akan mudah menerka bahwa mayoritas penduduknya berasal Jawa.  Menurut cerita para tetua kampung  mulai tahun 1950 sampai tahun 1970 penduduk dari beberapa propinsi di Jawa mengikuti program transmigrasi dari pemerintah. dan Provinsi Lampung menjadi salah satu tujuan transmigrasi, termasuk Purbolinggo. 


Selain mengikuti program transmigrasi dari pemerintah, sebagian warga Purbolinggo dulunya  datang dengan biaya sendiri disebut juga Transmigrasi Swakarsa Mandiri.
Transmigran ini Ada yang berasal dari satu daerah kemudian tinggal berdekatan dan menamakan blok tempat tinggalnya dengan nama daerah  asal mereka. Sebagai contoh di desa Tanjung Kesuma, terdapat blok pemukiman yang mengacu pada daerah asal. Contoh Pengandaran, Cianjur,  Bojonegoro, Ciliwung, Di Desa Tegal Yoso terdapat blok Kebumen dan Solo. Di Tanjung Intan ada blok Banyumas, dan masih banyak contoh yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. (harap maklum karena keterbatasan pengetahuan saya...he.he..  ). 
Apa yang bisa kita pelajari dari fenomena ini. Saya bukanlah ahli dalam masalah ini namun saya tertarik dengan keunikan ini, dan saya mengundang teman-teman yang memiliki kesamaan tempat, riwayat seperti tanah kelahiran saya, jika berkenan mendiskusikan ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar