Rabu, 10 Oktober 2012

MELIRIK TRADISI CARNAVAL PURBOLINGGO



Kegiatan
Carnaval  di Kecamatan  Purbolinggo merupakan tradisi yang sudah berlangsung selama puluhan tahun lalu. Sebelum Tahun 2011 Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI di Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur.

Dari kalangan pelajar, acara ini diikuti oleh siswa-siswi  sekolah mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA.  Sedangkan peserta umum berasal dari Desa, kelompok/organisasi kemasyarakatan, klompok kesenian dari Kecamatan Purbolinggo.

Beragam kreasi dan peragaan yang di tampilkan dalam kegiatan karnaval ini mulai dari membuat patung/model (Binatang, tokoh, rumah adat dan lain-lain), juga peragaan busana adat, profesi, pejuang, dan peragaan budaya tradisional.
Selama 2 tahun terakhir (2011 dan 2012) karena peringatan HUT RI bertepatan dengan Bulan Ramadhan, kegiatan Karnaval tidak diselenggarakan.
Agar antusias warga masyarakat Kecamatan Purbolinggo terhadap tradisi Karnaval ini tidak luntur, maka Kecamatan Purbolinggo bekerjasama dengan LENSA BIRU Management  berencana menggelar PURBOLINGGO CARNAVAL 2012, dalam rangka memperingati  Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2012.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga semangat kebersamaan, menumbuhkan Nasionalisme sejak dini di kalangan pelajar dan lebih luas lagi menjadi ajang silaturahmi bagi  warga masyarakat.

Sedangkan bagi peserta Purbolinggo Carnaval berusaha selalu akan menampilkan  kreatifitas dan penampilan yang baik, maka terjadilah kompetisi kreatifitas di kalangan peserta Purbolinggo Carnaval.

Acara Purbolinggo Carnaval tidak hanya mengundang perhatian masyarakat Kecamatan Purbolinggo saja, namun masyarakat dari Kecamatan lain seperti Raman Utara, Way Bungur, Sukadana dan Batanghari Nuban juga turut menyaksikan kemeriahan acaranya. Sehingga pada saat acara berlangsung terjadi kunjungan warga dari luar Kecamatan Purbolinggo yang tidak sedikit jumlahnya. Secara otomatis pengunjung ini akan membelanjakan sebagian uangya di Kecamatan Purbolinggo, yang secara langsung memberi manfaat  bagi pedagang makanan, minuman dan lain-lain yang ada di Kecamatan Purbolinggo.
Dampak positif lainnya juga dirasakan oleh penyedia jasa penyewaan busana adat, tat arias, make-up, group-group kesenian.

Dalam skala lokal, kegiatan Purbolinggo Carnaval menjadi sebuah event yang kehadirannya dirindukan oleh mayarakat luas.  Oleh karena itu jika kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu dan dengan konsep yang baik maka kedepan Purbolinggo Carnaval bisa menjadi  agenda kegiatan bagi Kecamatan Purbolinggo dan Kabupaten Lampung Timur pada umumnya.
Harapan ini tentu saja sulit  terwujud tanpa ada dukungan dari berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur dan Instansi terkait, Event Organizer, Pihak Sponsor, Tokoh Masyarakat, dan Seluruh elemen Masyarakat di Kecamatan Purbolinggo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar